Monday , September 1 2014
Breaking News
Home / Kuliner / Sejarah Kuliner Balikpapan – Toranifood

Sejarah Kuliner Balikpapan – Toranifood

Sejarah Kuliner Balikpapan Rumah Makan Torani - Rumah Makan Torani awalnya berdiri pada tanggal 05 April Tahun 2007.  Pada bulan maret 2006 Torani pernah mencoba untuk  menjual ikan bandeng tanpa duri beku yang pemasarannya ke seluruh Rumah Makan yang berada di Balikpapan, akan tetapi penjualan ikan bandeng tanpa duri beku ini tidak membuahkan hasil dengan berbagai macam penolakan-penolakan yang sebagian besar adalah rasa ketidak percayaan terhadap ikan bandeng yang kaya akan jumlah durinya dan menjadi tidak ada duri sama sekali.

“Presto” merupakan kata yang sering dilontarkan saat melakukan penjualan ikan bandeng tanpa duri ini, Torani berusaha untuk meyakinkan ke semua orang bahwa sekarang telah ditemukannya teknik pencabutan duri pada bandeng yang bertujuan agar memudahkan orang  untuk menyantapnya karena bebas dari jumlah duri yang banyak dan kandungan gizi dari ikan bandeng itu sendiri tetap terjaga, sebagaimana sebelumnya kebanyakan orang sering menikmati ikan bandeng Presto.

Pada Bulan November tahun 2006, tepatnya di mall Fantasi Balikpapan, diadakan sebuah Event/Pameran “Food Festival Balikpapan” yang mana dalam Pameran ini diisi oleh aneka macam makanan dengan tenda-tenda yang mengisi seluruh halam parkir depan Mall. “Toranifood” adalah nama yang diperkenalkan pertama kali dengan menjual Ikan Bandeng Tanpa Duri Bakar dan Pepes Kepiting, namun tidak seperti tenda-tenda kuliner yang lain dimana menyediakan kursi dan meja buat orang yang makan di tempat, Tenda Toranifood hanya menjual Ikan bandeng Tanpa Duri Bakar dan Pepes Kepiting untuk dibungkus (Take Away).

Berjalan 2 Minggu Tenda Toranifood berada di Mall Fantasi, Akhirnya atas permintaan pembeli yang telah menjadi pelanggan, menginginkan agar Tenda Toranifood menyediakan meja dan kursi agar bisa dinikmati di tempat dan Tenda Toranifood akhirnya mewujudkannya dan selama ±5 Bulan Tenda Toranifood berada di pameran tersebut, Jumlah pelanggan terus bertambah dengan rata-rata penjualan Ikan Bandeng Tanpa Duri 60 Kg- 90 Kg/Malam

Dibulan Maret Tahun 2007 Event/Pameran Festival Food Balikpapan berakhir dan Tenda Toranifood Berpindah Ke Jl. Jend Sudirman, Komp Lapas No 73, Stall Kuda Balikpapan denga merubah namanya menjadi RM. TORANI dan Toranifood sendiri menjadi induknya sebagaimana produk Toranifood saat ini adalah kuliner balikpapan Rumah Makan Torani, Torani Krispi dan Torani Oleh-oleh.

Kuliner Balikpapan

 

Melalui usahanya tersebut, saat ini Rumah Makan Torani banyak disebut orang sebagai salah satu wisata kuliner balikpapan yang wajib dikunjungi. Kebanyakan pengunjungnya adalah warga sekitar kota balikpapan dan orang yang sedang berkunjung ke balikpapan yang sedang melakukan perkerjaan dinas maupun hanya traveling saja.

Terima Kasih,
Semoga Bermanfaat.

 

About Agus Kristianto

Hanya orang biasa yang sangat tertarik pada dunia IT, Blogging, SEO, Social Media dan Internet Marketing. Untuk teman- teman yang ingin mengenal saya lebih lanjut bisa berteman dengan saya melalui icon sosial media di bawah ini :

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>